Selasa, 01 Agustus 2017

SODOM

Belajar meningkatkan kualitas kehidupan kita dengan menjauhi pola hidup Sodom.

Yehezkiel 16:49

Lihat, inilah kesalahan Sodom, kakakmu yang termuda itu:

1. kecongkakan,
2. makanan yang berlimpah-limpah
3. dan kesenangan hidup ada padanya dan pada anak-anaknya perempuan,

tetapi

ia tidak menolong orang-orang sengsara dan miskin.

Sebagai kota yang diberkahi dengan kelimpahan dan kesenangan hidup, mereka sangat hedonis dan egois, sombong dan mengabaikan sesama manusia yang berkekurangan. Kualitas kehidupan di Sodom dan kota-kota sekitarnya sangat buruk dan menimbukan keluh kesah, bukan ucapan syukur, itu adalah penyebab Sodom di porak porandakan dengan hujan api dan belerang. Bukan hanya sekedar masalah homosexual dan sodomite semata. Kejadian 19:13, 24-25 (TB) mencatat:   sebab kami akan memusnahkan tempat ini, karena banyak keluh kesah orang tentang kota ini di hadapan TUHAN; sebab itulah TUHAN mengutus kami untuk memusnahkannya." -- Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, berasal dari TUHAN, dari langit; dan ditunggangbalikkan-Nyalah kota-kota itu dan Lembah Yordan dan semua penduduk kota-kota serta tumbuh-tumbuhan di tanah.

Di dalam Perjanjian Baru, terdapat kisah yang menggambarkan si kaya raya ketidak pedulian dengan sesama, baca: http://smauane.blogspot.co.id/2015/12/menjadi-orang-kaya-yang-bijaksana.html

Aplikasi:

1. Dalam dunia yang semakin hedonis dan egois, sebagai anak TUHAN kita dihadapkan pada tantangan untuk menjalani kehidupan yang peduli dengan lingkungan dan sesama. Dalam hal ini bukan berarti kita menjadi anthroposentris melainkan mentaati ajaran Firman Tuhan, untuk mengasihi sesama manusia tanpa memandang bulu sebagaimana tersebut dalam  Lukas 10:36-37 (TB)  Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Ref.
Roma 13:9 Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan firman lain mana pun juga sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!
Galatia 5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!"
Yakobus 2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.

2. Menanamkan di hati kita dan mengajarkan kepada keluarga serta sesama kita, bahwa peristiwa sodom dan gomora merupakan peringatan serius dari TUHAN bagi umat manusia untuk menjauhi pola kehidupannya,  sebagai mana dinyatakan dalam Yehezkiel 16:49.

Ref.
2 Petrus 2:6 dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu  peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,
Yudas 1:7 sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.

3. Belajar bahwa keputusan dalam kehidupan ini untuk hidup dan membangun komunitas, tidaklah boleh hanya berlandaskan dari sudut pandang perhitungan materi, tanpa melihat kualitas kehidupan spiritual, etika dan moral dilingkungan tersebut.

Ref.
Kejadian 13:10-11 (TB)  Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. — Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. —  Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.

Amin

Gbu all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...