Selasa, 28 Februari 2017

Out Line Kothbah Manusia Baru Menurut Yehezkiel 11:19-20 dan Korintus 7:17


Ilustrasi:

Keramik pecah milik bapakku.

PERJANJIAN LAMA

Yehezkiel 11:19-20 (TB)  Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,
supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

New International Version

I will give them an undivided heart and put a new spirit in them; I will remove from them their heart of stone and give them a heart of flesh.
Then they will follow my decrees and be careful to keep my laws. They will be my people, and I will be their God.

Aku
》》》Memberikan hati yang lain / undivided heart
dan
》》》Memberikan roh yang baru / new spirit
Di dalam batin mereka

Aku
》》》Menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras / heart of stone
》》》Memberikan mereka hati yang taat / heart of flesh
Supaya
》》》Hidup  menurut segala ketetapan-Ku
Dan
》》》Peraturan-peraturanku dgn setia

Maka mereka akan menjadi:
》》》Umat-Ku
Dan
》Aku
》》akan
》》》menjadi Allah mereka

PERJANJIAN BARU

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5:17)

New International Version

Therefore, if anyone is in Christ, the new creation has come: The old has gone, the new is here!

Jadi
Siapa yang / if anyone
ada di dalam
Kristus
ia adalah
》》》 ciptaan yang baru / the new creation has come
》》》 yang lama sudah berlalu / The old has gone
sesungguhnya
》》》 yang baru sudah datang

Aplikasi

Menurut C.S. Lewis, jika kita mau mengijinkan Allah untuk bekerja dalam hidup kita maka Ia akan membuat orang-orang yang paling lemah dan paling kotor di antara kita untuk menjadi seorang pria atau wanita yang mulia, makhluk abadi yang menyenangkan, berseri-seri yang senantiasa memancarkan energi, sukacita, hikmat dan kasih yang begitu rupa.

Ketika bapak, ibu, dan saudara percaya kepada Yesus Kristus, maka detik itu juga Dia akan memulai proses pembaharuan manusia batianiah anda, karena manusia rohaniah anda sudah secara ajaib diubahkan dan disucikan. Proses pembaharuan manusia batiniah anda memang akan berlangsung seumur hidup anda di muka Bumi ini, bahkan proses ini akan sangat menyakitkan bagi diri anda, akan tetapi percayalah Roh Kudus akan selalu menyertai dan menuntun kita semua dalam menjalani proses kehidupan ini.

Ada sebuah nasihat bijaksana, yang mengatakan: siapakah diri anda tidaklah dapat didefinisikan berdasarkan proses yang sendang anda alami, akan tetapi anda adalah hasil dari proses yang sedang anda alami, dan setiap tahapan proses akan selalu menghasilkan bentuk yang semakin baik dan baik dalam kehidupan anda.

Jadi jangan menyerah dan melarikan diri dari setiap proses pembaharuan manusia batiniah anda, karena sesuatu yang indah pada akhirnya nanti akan anda nikmati. Amin

Sonny
GKKI PURWOKERTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...