Minggu, 11 Februari 2018

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya.
Wahyu 1:5 b (TB)

Kothbah Oleh: Ev. Sonny C Sitanggang, MTh

Ilustrasi: belenggu imajiner Gajah

1. STUDI KATA

a. Parsing

Terlampir di bawah ....

b. Kalimat utama

(0.1&2) to the (one)
   
1.Loving / agaponti

(3.1&2) us

(4.1&2) through the blood of him

2.Releasing / lysanti

(2.1) From the sins

c. Parafrasa

Hanya Yesus Kristus saja yang mengasihi kita dengan curahan darahNya dan dengan darahNya itu juga Dia telah melepaskan kita dari segala dosa yang membelenggu kita.

2. KESIMPULAN

Pembebasan manusia dari belenggu dosa-dosanya hanya bisa dilakukan oleh pribadi yang mampu membuktikan kasihnya dengan cara membayarnya melalui pencurahan darahnya sendiri, dan itu hanya ditemukan pada diri Yesus Kristus. Sebagaimana dinyatakan dalam Yohanes 1:29 (TB)  Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

3. APLIKASI

a.Setelah memahami ayat di atas, maka sebagai orang percaya kita seharusnya dapat mencegah masuknya atau menjalarnya faham bahwa dalam proses keselamatan curahan darah Yesus di kayu salib masih membutuh kerja keras kedagingan kita dengan kedok religiusitas ke agamaan. Karena sejatinya, kita dapat bertindak dan beretika moral yang baik itu karena kita telah dikasihi selanjutnya dibebaskan terlebih dahulu dari dosa-dosa kita.

b.Kita harus menjalankan ibadah perjamuan kudus dengan sungguh-sungguh dan teratur dengan memahami Wahyu 1: 5b tersebut, supaya kita selalu dapat mengingat makna pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib bagi kita dengam benar.

c.Pengajaran mengenai kuasa darah Yesus Kristus haruslah mendapatkan porsi khusus dalam komunitas tubuh Kristus dimanapun mereka berada.

Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...