Kamis, 03 Agustus 2017

Seri Kothbah Manusia Bahagia - Seri 1

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jikalau kita ingin menerima berkat-berkat Kerajaan Allah; kita harus dituntun oleh cara dan nilai Allah yang dinyatakan dalam Alkitab dan bukan oleh cara dan nilai dunia ini.

Matius 5:3 _"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga._

*Studi Kata*

*ptochos*
Banyak yang bertanya mengenai maksud kalimat "miskin dihadapan Allah". Kebingungan terjadi ketika makna kata miskin hanya dibatasi pada hal-hal materi berupa uang atau harta kekayaan. Ayat di atas sebenarnya membahas lebih dari hal itu.

Kata "miskin" dalam bahasa aslinya menggunakan kata "ptochos" sebuah *"kata sifat"* yang menggambarkan kondisi seorang pengemis yang lemah, kosong dan berjalan dengan merangkak serta memposisikan diri sebagai yang membutuhkan bantuan dari yang lebih kuat. Dapat dikatakan  ini sebuah sifat yang mau merendahkan diri dibawah kekuasaan dan kehendak TUHAN serta mengakui bahwa tidak memiliki kekuatan apa-apa, sebab hanya Tuhan saja sumber segala sesuatu dalam kehidupannya. Dalam Yohanes 15:5 Yesus mengatakan _Akulah pokok anggur dan kamulah ranting -rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa._

*makarios*
Kata "berbahagia" ini menunjuk kepada kesejahteraan semua orang yang karena hubungan mereka dengan Kristus dan Firman-Nya, menerima Kerajaan Allah, yang meliputi kasih, perhatian, keselamatan dan kehadiran Allah hari lepas hari.

*Mengapa* dikatakan bahwa mereka yang miskin di hadapan Allah adalah orang-orang yang berbahagia ? - ada banyak fakta Alkitab yang menunjukan penyebab kebahagiaan ini, salah satunya ada dalam:  1 Petrus 5:5-6 (TB)  mengatakan sesuatu yang kuat dan signifikan, yaitu: _"Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: *"Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."* Karena itu *rendahkanlah dirimu* di bawah tangan Tuhan yang kuat, *supaya kamu ditinggikan-Nya* pada waktunya._ Sifat rendah hati dihadapan Tuhan dan sesama mendatang kasih Tuhan yang hebat itu atas orang yang melaksanakannya.

*Aplikasi*

Kita harus sadar dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bahwa kita tidak dapat memenuhi kebutuhan rohani, jiwani, dan jasman kita sendiri; kita membutuhkan Allah.

Kehidupan kita, yang kita tundukan dibawah kaki Tuhan, akan mendatangkan atas kita kuasa, dan kasih karunia yang datang dari Roh Kudus untuk mewarisi Kerajaan Allah.

Amin

Gbu

_*Coffeeology Quot:*_
Syarat yang pertama adalah menjadi "miskin di hadapan Allah mejadikan kita diperkaya dunia akherat".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...