Jumat, 28 Juli 2017

Pelajaran 1: Mengenal TUHAN ALLAH Yang Benar

Lembar Panduan Bagi Pembina

1. Asal Usul Allah

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. Ibrani 11:6

"Apakah Allah Ada dan dari mana Dia berasal ?" Demikian pertanyaan menjebak yang sering diajukan oleh para penganut atheisme. Salah satunya adalah Bertrand Russell, seorang ateis, yang menulis dalam bukunya ”Mengapa Saya Bukan Seorang Kristen” Dia menyatakan "kalau benar bahwa segala sesuatu perlu penyebab, maka Allah juga perlu ada penyebab". Dari sini dia menyimpulkan bahwa jika Allah perlu ada penyebab, maka Allah bukan Allah (dan jikalau Allah bukan Allah, maka berarti tidak ada Allah).

Pertanyaan ini menjebak karena di dalamnya sudah terselip asumsi yang salah bahwa Allah pasti berasal dari sesuatu dan kemudian bertanya dari mana datangnya Allah,  jawabannya adalah bahwa pertanyaan seperti itu sama sekali tidak masuk akal atau pertanyaan yang salah. Pertanyaan seperti itu sama dengan mempertanyakan, ”Bagaimana bau warna biru ?” Biru bukan termasuk sesuatu yang punya bau, sehingga dengan demikian pertanyaan itu sendiri mengandung kesalahan. Demikian pula, Allah tidak termasuk dalam kategori sesuatu yang diciptakan atau yang memiliki asal usul. Allah tidak memiliki penyebab dan tidak diciptakan – Allah berada begitu saja atau Ada di adanya Dia.

Bagaimana kita mengetahui hal ini? Kita tahu bahwa dari tidak ada, tidak ada yang menjadi ada. Jadi kalau suatu saat, segala sesuatu betul-betul tidak ada, maka tidak ada sesuatu apapun yang akan menjadi ada. Tetapi ternyata ada sesuatu yang berada. Karena tidak mungkin sama sekali tidak ada apa-apa, maka ada sesuatu yang harus selalu ada. Sesuatu yang harus selalunada itu adalah Allah.

2. Pernyataan Allah Secara Umum Kepada Umat Manusia

a. Roma 1:20

Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Jawab: melalui alam semesta dan manusia yang adalah ciptaan-Nya

b. Roma 2:15

Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Jawab: melalui suara hati nurani

c. Mazmur 75:8

tetapi Allah adalah Hakim: direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain.

Jawab: melalui sejarah umat manusia

2. Pernyataan Allah Secara Khusus Kepada Umat Manusia

a. Roma 8:16 & Yohanes 16:13

Roma 8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
Yohanes 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Jawab: melalui Roh Kudus di dalam kita

b. Lukas 1:19

Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Jawab: melalui malaikat-malaikat-Nya

c. 2 Petrus 1:21

sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Jawab: melalui hamba-hambanya para nabi dan rasul

d. 1 Korintus 12:7

Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Jawab: melalui karunia-karunia Roh Kudus

d. Ibrani 1:1-4

Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

Jawab: melalui Yesus Kristus

3. Bacalah Kisah Para Rasul 17:16-34

Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang. Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing. Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga. Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia.
Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."

a. Sebutkan ciri-ciri Allah yang benar

- Maha pencipta
- Tidak tinggal dalam kuil buatan manusia
- Tidak membutuhkan pertolongan manusia
- Pemberi kehidupan
- Pemberi ketersediaan kebutuhan penopang kehidupan
- Pembentuk bangsa-bangsa dari satu manusia
- Selalu dekat dengan manusia
- Keseharian kita ada di dalamNya / Maha Hadir
- Menghakimi dunia dengan orang yang sudah ditetapkan, yaitu yang bangkit dari antara orang mati. (bdk. studi pararel)

Studi Pararel
sumber: https://eu0.proxysite.com/process.php?d=joV9rFmPUFFBhs%2FeW17AgsVLeXgPhyR7vcT6wSbGsfO1Hm3vYXo7CmtAph3g3uOFUFz2ly0x1vAe5WqGtcye&b=1

Surah ad-Dukhan 44:40-42 Sesungguhnya hari keputusan [hari kiamat] itu adalah hari yang dijanjikan bagi mereka semuanya, yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan, kecuali orang yang diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.

Hadits Shakheh Muslim 24:14 “Dari Jabir r.a katanya dia mendengar Nabi Saw bersabda : “Bukan amal seseorang yang memasukkannya ke Surga atau melepaskannya dari neraka, termasuk juga aku, tetapi ialah semata-mata rahmat Allah Swt, belaka.”

Surah Ali Imran 3:45 “Ketika Malaikat berkata : Hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat dari pada-Nya namanya Almasih Isa Putra Maryam. Seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan.”

Ali Imran surat 3:56,57 "Adapun orang kafir, yang menolak Isa Al Masih, maka Kusiksa mereka dengan siksa yang sangat keras didunia dan di akhirat dan mereka tidak ada penolong"

Ali Imran surat 3:55 "Ingatlah ketika Allah berkata: Hai isa sesungguhnya Aku menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepadaKu serta membersihkan kamu dari orang2 kafir dan menjadikan orang2 pengikutmu (pengikut Isa) diatas orang2 kafir hingga hari Kiamat"

Ali Imran surat 3:50 Dan aku (Isa) datang kepadamu memb enarkan Taurat yang datang sebelumKu dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda mujizat dari Tuhanmu. Karena itu bertaqwalah kepada Allah dan taatlah
kepadaKu".

Surat 19 Maryam no:16-2 Jibrail berkata: Demikianlah Tuhanmu berfirman: Hal itu adalah mudah bagiKu dan Kami berbuat demikian agar dapat Kami menjadikannya sebagai suatu tanda bagi manusia dan sebagai RAHMAT DARI KAMI dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan".

b. Sebutkan ciri-ciri allah yang palsu

- Hasil buatan budi dan daya manusia
- Tinggal dalam kuil buatan manusia
- Membutuhkan pertolongan manusia
- Tidak dapat memberikan kehidupan
- Selalu membutuhkan perantara karena tidak maha hadir

c. Berikan contoh penyembahan allah palsu yang masih dijalankan hingga saat ini
Penyembahan ratu sorga, seperti ratu kidul, Kwan Im, dll serta Penyembahan roh-roh nenek moyang,

4. Bacalah Galatia 4:8-9  dan tuliskan keberadaan allah yang palsu.

Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah. Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?

Jawab:

- roh-roh dunia yang lemah
- roh-roh dunia yang miskin
- roh-roh dunia yang memperbudak

Note:

- Murid dihimbau untuk menjawab 4 pertanyaan utama dengan sub-subnya
- Jawaban di kosongkan terlebih dahulu, dan biarkan murid menjawab dengan kata-katanya sendiri.
- Jangan menafsirkan tetapi biarlah Alkitab bicara kepada masing-masing kita dan kita bawa dalam diskusi.
- Diskusikanlah dengan berdasarkan Alkitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...