Selasa, 25 Februari 2014

Paradox kepemimpinan "Caleg" Kristen

Tadi malam dapat tamu "mendadak" seorang caleg dan anak-istrinya, dia caleg dari salah satu partai yg cukup besar peningkatan kekuatannya hari2 ini.

Kami berdiskusi mengenai banyak hal dan salah satunya adalah paradox kepemimpinan politik "caleg2" yg disandang orang Kristen, dimana mereka sering kali menghadapi bertabrakannya agenda2 partai mereka dengan kehendak TUHAN.
Saya mendapat dorongan kuat dlm hati untuk menyatakan kepadanya bahwa ada konstituen terkuat, yang secara tunggal dpt mengungguli kekuatan gabungan konstituen keseluruhan angota partainya, Dia adalah TUHAN.

Sebagai orang beriman dia dan kita semua wajib mengimani hal tersebut, karena itulah  saya dorong kita semua untuk berani mengalahkan paradox tersebut dengan mengutamakan Tuhan dan perintah-Nya terlebih dahulu baru konstituen dan amanat partainya.

Karena TUHAN memiliki absoluth power atas manusia untuk:

1. Meninggikan dan merendahkan

1 Samuel 2:7-8  TUHAN membuat miskin dan membuat kaya; Ia merendahkan, dan meninggikan juga.
Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan.

Mazmur 75:7  (75-8) tetapi Allah adalah Hakim: direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain.

2. Menentukan nasibnya

Mazmur 16:5-6  (versi BIMK) TUHAN, Engkau saja yang kumiliki; Engkau memberi segala yang kuperlukan, nasibku ada di tangan-Mu.
Sungguh indah pemberian-Mu bagiku, sangat menyenangkan hatiku!

3. Menghentikan masa kejayaannya

Daniel 5:25-28  Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mené, mené, tekél ufarsin.
Dan inilah makna perkataan itu: Mené: masa pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah dan telah diakhiri;
Tekél: tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan;
Peres: kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia."

4. Menghakimi manusia

Lukas 18:13-14  Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Keempat fakta Alkitab diatas juga berlaku bagi semua kepemimpinan di bidang apapun yg disandang oleh orang percaya, maka itu kita harus merendahkan diri dan jangan menomor duakan TUHAN sehingga kita terjebak dengan keangkuhan hidup dan mengandalkan kekuatan diri sendiri dan manusia.

Yeremia 17:5  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Sebagai catatan:

Kita harus cerdas menjadi pememilih, bukan hanya karena mereka caleg2 beragama kristen lalu kita mendukung, akan tetapi pilihlah caleg yang dari buah2 kehidupannya anda dapat menilai bahwa caleg tersebut memiliki kehidupan yang mengutamakan TUHAN dan perintah-Nya.

Jangan Golput !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...