Jumat, 19 Januari 2018

Etos Hidup Orang Beriman

Kolose 3:23 (BIMK)  Pekerjaan apa saja yang diberikan kepadamu, hendaklah kalian mengerjakannya dengan sepenuh hati, seolah-olah Tuhanlah yang kalian layani, dan bukan hanya manusia.

Etos
Pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat.

Pekerjaan apa saja yang diberikan kepadamu

Dalam konteksnya poin ini merujuk pada seluruh bentuk aktivitas kehidupan orang beriman. Sebagaimana juga ditekankan pada _Kolose 3:17 (BIMK)  *Segala apa yang kalian lakukan atau katakan*, haruslah itu dilakukan dan dikatakan atas nama Tuhan Yesus. Bersyukurlah kepada Allah Bapa untuk apa yang dilakukan Yesus bagimu._.

hendaklah kalian mengerjakannya dengan sepenuh hati

Di dalam bahasa aslinya memiliki ide dasar " *dikerjakan dengan totalitas hidup* " yang juga memiliki pemikiran yang sama dengan _Efesus 6:6 (BIMK)  Janganlah berlaku demikian hanya pada waktu kalian diawasi, hanya untuk mendapat pujian manusia. Tetapi hendaklah kalian melakukannya sebagai hamba Kristus yang sedang menuruti kemauan Allah dengan sepenuh hati._

seolah-olah Tuhanlah yang kalian layani

Ini adalah sikap hidup manusia yang menyadari bahwa dia adalah manusia tebusan atau sudah dibeli, sebagaimana *prinsip kehambaan*, bahwa kita akan secara *otomatis* menjadi hamba seseorang tuan yang mampu menebus kita dari kekuasaan "hutang" tuan yang lain. 1 Korintus 7:23 (BIMK) mencatat: _Allah sudah membeli Saudara dan *sudah lunas* membayarnya. Karena itu, janganlah Saudara menyerahkan diri untuk menjadi hamba manusia._ konsep ini juga jelas tercatat di dalam Amsal 22:7 (TB)  _Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi._ Akan tetapi Yesus telah melepaskan kita dengan cara membeli kita di kayu salib dan menjadikan kita umat tebusanNya.

Ref.
Kolose 2:14 (TB)  dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

dan bukan hanya manusia

Ini merupakan alasan utama berdasarkan _constraint_ atau batasan tegas yang diterapkan bagi umat tebusan oleh tuannya yang baru pada saat itu juga. 1 Korintus 6:20 (BIMK) mengatakan: _*Allah sudah membeli kalian dan sudah membayarnya dengan lunas. Sebab itu, pakailah tubuhmu sedemikian rupa sehingga Allah dimuliakan.*_

Konklusi

1. Sebagai umat tebusan, kita sudah tidak dapat lagi hidup dan tunduk kepada kemauan tuan yang lama, melainkan kemauan tuan yang baru, yaitu Yesus Kristus.

2. Sebagai hamba seluruh aspek kehidupan kita menjadi milik kekuasaan tuan kita yang telah menebus kita "Yesus Kristus" dari tangan tuan yang lain "dosa".

3. Konteks ini meliputi seluruh aktivitas kehidupan kita yang telah ditebusNya, tanpa terkecuali, sehingga kita tidak dapat hidup dengan seenak hati kita sendiri, melainkan harus mengikuti aturan main sang Penebus. Baik itu di dalam hidup kerohanian kita, bisnis kita, prinsip-prinsip dan etika moral kita, etc.

Aplikasi

Mulai hari ini mari kita belajar menyatakan dan melaksanakan pernyataan kita tersebut, yaitu: bahwa _kita milik Allah maka segalanya yang ada padaku dan segala yang aku kerjakan adalah untuk Allah_.

*1 Korintus 8:6 (TB)*  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Amin

Gbu all

Sonny
GKKI Purwokerto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...