Sabtu, 29 Maret 2014

Kothbah Anda

Kothbah Anda

Kothbah Anda itu memiliki nilai strategis dalam proses pengembalaan, Kothbah anda tidaklah dapat digantikan oleh indahnya musik, dahsyatnya sound system, megahnya gereja.

Sekalipun jemaat yg anda gembalakan sedikit, tetaplah berkothbah dengan persiapan yg matang, krn suatu hari kelak benih Firman Tuhan yg anda taburkan melalui kothbah anda pasti akan tumbuh dan berbuah.

Nehemia 8:8  (8-9) Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti.

Nehemia 8:8 (BIMK) Mereka menterjemahkan Hukum Allah itu bagian demi bagian serta menjelaskannya sehingga rakyat dapat mengerti bacaan itu.

Nehemiah 8:8 (NET)  They read from the book of God’s law, explaining it and imparting insight. Thus the people gained understanding from what was read.

Kothbah yang baik itu:

1. Bersumber dari Alkitab, yg lain haruslah hanya pendamping dan sudah dipastikan Alkitabiah, "jangan dibalik".
2. Di sampaikan dengan penafsiran2 yg benar serta "tulus" demi pemahaman jemaat, bukan sekedar pamer bhs tinggi.
3. Di sampaikan dengan jelas, baik tata bahasa, dan cara penyampaiannya
4. Jemaat yg mendengar bukan hanya sekedar tahu tetapi memahaminya "tidak hanya kogniif tetapi juga sampai pada tindakan"

Note:
Kothbah seorang guru sekolah mingguku, kothbah pengajar masa remajaku, kothbah bapa dan ibu rohaniku, dll adalah salah satu komponen penting yg dipakai TUHAN untuk membawa saya sampai pada titik ini.

2 Timotius 3:15-17
15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Selamat berkarya para Hamba Tuhan .. Gbu all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...