Rabu, 05 September 2012

MENANG ATAS KEKUATIRAN


Apakah itu kekuatiran  ?

Didalam bahasa aslinya menggunakan kata "merimna" = kegelisahan, yang memiliki akar kata "merizo, yang mengandung arti "dipisahkan dari sesuatu yang lebih besar menjadi berbagai kelompok"

Mengapa manusia menjadi gelisah dan kuatir ? 

Karena manusia mengalami KETAKUTAN yang disebabkan oleh perasaan bahwa dalam menghadapi permasalahan manusia tersebut merasa sendirian didalam menghadapi permasalahan hidup sehingga muncul perasaan ketidak mampuan menanggung sesuatu yang akan atau sedang dihadapinya itu". 


Fakta mengenai kuatir 


1. Tidak ada kemajuan [progress] di dalam kehidupannya

Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?

Lukas 12:25


2. DOA POWERFULL yang NEGATIF

Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

Ayub 3:25

Apa yang anda takutkan serta cemaskan itu seperti doa yang manjur dan pasti akan mendatangi saudara dengan jawaban yang jelas.


3. Tidak sehat bagi kehidupan manusia

Aku tidak mendapat ketenangan dan ketenteraman; aku tidak mendapat istirahat, tetapi kegelisahanlah yang timbul."

Ayub 3:26


BAGAIMANA MENANG ATAS KEKUATIRAN


1. Menyadari siapa anda dan kekuatan anda


Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain?

Luk. 12:26


2. Mengambil keputusan untuk tidak kuatir dengan berdoa [proseuche] dan permohonan [deesis], dan mengucap syukur [eucharistia]

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur

Flp. 4:6


3. ALLAH menjamin dan bersedia untuk menanggung

Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangantakut!"

Mat. 14:27


4. Serahkanlah kepada ALLAH


Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

1 Petrus 5:7


Kata "serahkanlah" dalam bahasa aslinya menggunakan kata "epirrhipto", yang berjenis kata kerja; definisinya : melepaskan dengan cara segera / secepat mungkin dioperkan "dibuang / dilemparkan" kepada ALLAH dikarenakan kita tidak dapat mengatasinya / tidak memiliki kekuatan untuk menanggungnya. seperti anda melepaskan sesuatu dengan sengaja dari genggaman anda dengan cara membiarkan jatuh.


5. Bergantung kepada ALLAH

Setelah anda menyerahkan semua ketakutan anda beserta dengan sumber-sumber penyebab ketakutan itu, maka anda harus bergantung penuh kepada ALLAH


Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Flp 4:13


Sebuah ilustrasi :

Suatu hari saya dan keluarga belanja di sebuah pusat perbelanjaan terkemuka di suatu kota, anak saya minta ini dan itu, dan ketika dia menerima apa yang dia minta, dia mengalami kesulitan untuk membawa, dikarenakan jumlah barang yang dia minta keseluruhannya menjadi berat dan tidak sebanding dengan kekuatan yang dia miliki. Setelah itu apa yang terjadi ... dengan YAKIN dan TENANG dia berkata kepada saya "duh.... ini berat papa, papa yang bawa ya ..." sambil senyum dan dengan cepat dia segera menaruh bebannya di hadapan saya dan ngeloyor ke arah keluar toko. 

Ketika menulis renungan ini saya menjadi teringat peristiwa tersebut dan mengundang saudara semua untuk melakukan aksi yang sama seperti ilustrasi mengenai anak saya tersebut, ketika kekuatiran menerjang masuk didalam benteng - benteng iman anda.

GBU

1 komentar:

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...