Jumat, 09 Februari 2018

Keunikan Iman Kristen Menurut Yohanes 1:18

Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Ada 4 point yang menunjukan keunikan iman Kristen ("berbeda dengan yang lainnya")

Pertama, Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah.

Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah, merupakan pernyataan tegas bahwa manusia pada dasarnya  benar-benar buta dalam pengenalan akan Allah.

Kedua, tetapi Anak Tunggal Allah

Kata "tetapi" merupakan preposisi "pertentangan" yang menyatakan sebuah pengecualian, yaitu dari seluruh umat manusia yang lahir di dunia ini hanya Dia "Yesus Kristus" saja yang dapat melihatnya karena Dia adalah  Anak (red. yang berasal ) satu-satunya dari Bapa.

Ketiga, yang ada di pangkuan Bapa

Di dalam terjemahan yang mendekati aslinya ditukiskan: "who is in the bosom of the Father".  Tidak ada satupun tokoh di dalam Alkitab yang dinyatakan ada dipangkuan Bapa, hal ini menunjukan bahwa hanya Yesus Kristus sajalah yang paling dekat dengan Bapa, dan jika kita mendalami kata "in the bosom" maka kita akan menemukan makna menakjubkan, dimana: "bosom" merupakan kata benda yang memiliki arti dada, akan tetapi penggunaannya cukup luas dengan makna hikmat atau idea, hubungan yang menunjukan: kedekatan, kebersamaan, pengenalan, dan pernyataan pengakuan yang kuat akan sebuah kesatuan, hal ini menunjukan bahwa Yesus Kristus adalah sejajar, sehakekat, melekat, dengan Bapa,  sehingga dapat dikatakan bahwa Dia sendiri pun adalah Allah.
_________________________________
Contoh:

1. They took the orphaned girl into *the bosom* of their family =  Mereka mengambil anak yatim itu menjadi *anggota* keluarga.
2. bosom friend = teman karib
3. in one's bosom = mengetahui rahasia seseorang
_________________________________

Keempat, Dialah yang menyatakan-Nya

Hanya Yesus Kristus saja yang dapat memperkenalkan "mewahyukan" siapakah Allah Bapa itu kepada kita. Hal ini karena Dia adalah Allah itu sendiri.

Itulah keunikan iman Kristen menurut Yohanes 1:18.

Amin

Gbu all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...