Minggu, 05 November 2017

Seri: Sukes Dengan Cara Allah Menurut Mikha 6:8

Out line kothbah minggu 5 Nopember 2017
GKKI EPIGINOSKO PURWOKERTO

Mikha 6:8 (TB) 

"Hai manusia, *telah diberitahukan* kepadamu apa yang baik. Dan apakah *yang dituntut* TUHAN dari padamu: selain *berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu*?"

*ILUSTRASI: sindiran tepat sasaran dari seorang profesor matematika*

Seorang pakar matematika Dr. Zvi Goldstein membuat sebuah kesimpulan "sindiran sinistik" berdasarkan sudut pandang matematika mengenai kesuksesan dalam hidup manusia, terutama dalam bidang karier dan bisnis.

Dia mengatakan: jika nilai kesuksesan adalah 100, maka:

Hardwork (kerja keras) = 8+1+18+4+23+15+18+11 = 98%

Knowledge (ilmu & pengetahuan)= 11+14+15+23+12+5+4+7+5 = 96%

Attitude (sikap hidup)= 1+20+20+9+20+21+4+5 = 100%

Bullshit (omong kosong)= 2+21+12+12+19+8+9+20 = 103%

Ass kissing (menjilat) = 1+19+19+11+9+19+19+9+14+7 = 118%

Dia menyimpulkan bahwa sekalipun manusia  memiliki semangat kerja keras ditambah dengan ilmu pengetahuan yang cukup, itu hanya akan membawa orang *sedikit* mendekati kesuksesan. Selanjutnya jika kedua hal tadi ditambah dengan sikap hidup yang baik maka dia sedang memasuki area penilaian sebagai orang sukses, akan tetapi jika ingin menjadi sangat sukses atau bdapat berdiri dipuncak-puncak kesuksesan maka anda harus menambahkan tiga hal tadi dengan bullshit alias "nggedebuss/nglombo dan menjilat alias menggunakan trik KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) sekalipun harus menjatuhkan sesamanya, mengkorupsi hukum-hukum, bahkan mengkolusi kekuasaan demi kepentingan pribadi.

Sindiran di atas sebenarnya tepat dan ada benarnya juga, walaupun ini hanya sekedar lelucon. Di muka bumi ini dengan sistem yang sudah jatuh dan terjerembab dalam lumpur dosa tersebut, untuk meraih sukses, manusia sepertinya sudah tidak risih lagi menggunakan bullshit dan ass kissing. Mereka merasionalisasikan hal tersebut dengan alasan "this is the world man !/ini dunia bung!", bahkan mereka mengabaikan ajaran dan tuntutan Tuhan dan tidak memperdulikan sesamanya hanya demi kepuasan dan kepentingan pribadi.

Kesuksesan tidaklah cukup untuk manusia jaman akhir ini, mereka selalu haus dan semakin haus untuk menduduki posisi puncak sukses dan lupa belajar mencukupkan diri dan mensyukuri segala hal yang sudah TUHAN ijinkan untuk kita raih.

*Kehendak TUHAN secara umum bagi umat manusia*

Ajaran dan kewajiban kita sebagai umat Allah, adalah memiliki sikap hidup yang baik, yang terdiri dari :

*1. Berlaku adil*

Mazmur 33:5 (TB)  Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia TUHAN.

Sikap adil adalah hal yang membuat kita dikenan dan dikasihi oleh Tuhan. Kita harus memperhitungkan hal ini, bagaimana kita berani berkata bahwa kita umat Allah tetapikita tidak hidup dalam perkenanan-Nya, melainkan melawan-Nya dengan berlaku tidak adil kepada sesama kita.

Sukses dengan menjatuhkan orang lain bahkan memanipulasi hukum dan peraturan perusahaan atau negara supaya prestasi diabaikan dan kedekatan serta uang menjadi kunci sukses adalah melawan kehendak Allah.

*2. Mencintai kesetiaan*

Loyalitas sangat susah ditemukan saat ini, bahkan Alkitabpun menegaskannya, Amsal 20:6 (TB)  Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?.

Bagaimana sukses akan tetapi tetap setia dan loyal dengan sesamanya, baik keluarga, handai tolan, dan masyarakat pada umumnya. Mengkhianati untuk sukses itu lagu lama dalam dunia berdosa ini, akan tetapi tetap setia untuk sukses itu adalah keistimewaan.

*3. Hidup dengan rendah hati dihadapan Allah.*

Selama anda hidup di muka bumi ini, sikap hidup rendah hati di hadapan Tuhan Allah merupakan sikap yang akan menyelamatkan kehidupan anda dari berdiri melawan Allah.

Yakobus 4:6, 10 (TB)  Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." 
Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

Kerendah hatian di hadapan Tuhan akan membawa anda pada posisi tepat untuk diangkat dan ditinggikan (baca: sukses) oleh TUHAN sendiri. Dalam hal ini termasuk juga diantaranya _ketaatan untuk tidak menjadi malas dan mau rajin bekerja sebagai perwujudan iman dan doa-doa kita._

Ketiga hal ini, akan menjauh kita dari banyak hukuman / karma / kutukan  atau apapun yang merugikan secara kekal atas kehidupan kita dan anak-cucu kita dimasa mendatang, sebagaimana disebutkan pada ayat 8 - 16.

*KONKLUSI*

Sikap hidup yang baik akan membawa anda kepada kesuksesan, dan belajar merasa cukup dan bersyukur akan menjadikan anda berkenan di hati Allah dalam segala kesuksesan anda. Sebagai penutup marilah kita membaca: 1 Tesalonika 5:18 (TB)  Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Amin

Sonny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...