Rabu, 13 September 2017

Sifat Berkat Tuhan

Tahukah kamu, jikalau berkat itu ternyata datangnya atas kita adalah karena diperintahkan oleh TUHAN ?

Mazmur 133:3 b. _Sebab *ke sanalah* TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya._

baca:

Mazmur 133:1-3 (TB) 

1. Kehidupan yang rukun

Kita tahu bahwa untuk keselamatan jiwa kita &  dijauhkanya kita dr api neraka adlh ANUGERAH. Sedangkan berkat2nya memiliki syarat bg yang mau menerima berkat dari Nya.

Ayat 1. _Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya & indahnya, apabila saudara2 diam bersama dgn rukun!_

Hidup dgn berdamai & saling mengampuni kpd sesama kita (anggota kekuarga hingga tetangga) merupakan suatu syarat kehidupan yg penuh berkat dr Nya.

2. Seperti apakah berkat Tuhan itu

Seperti minyak urapan

Ayat 2. _Seperti minyak yg baik di atas kepala meleleh ke janggut, yg meleleh ke janggut Harun & ke leher jubahnya._

Minyak urapan pd jaman dahulu menggunakan minyak Narwastu yg mahal harganya & selalu digunakan pd acara khusus "pengurapan" yg menggambarkan pemilihan & otorisasi atas sesuatu, & Harun adalah imam besar yg memiliki tugas khusus serta penting dlm membangun harmonisasi kehidupan bangsa Israel.

Berkat Tuhan adlh berkat yg *bukan* murahan, diberikan kepada mereka yg terpilih, yg melakukan devosi kpd Allah dalam seluruh aspek kehidupannya. Oooh ........ sungguh Alangkah malangnya nasib mereka yg menganggap berkat TUHAN sebatas upah bahkan sebatas hal-hal ataua barang yg fana saja.

menjangkau & memenuhi seluruh kebutuhan

Ayat 3 a. _Seperti embun gunung Hermon yg turun ke atas gunung-gunung Sion.

Adalah sebuah hal yg unik mengenai ayat, mengapa ?, karena gunung Hermon terdapat jauh di sebelah utara, di perbatasan Siria & Libanon, sedangkan gunung-gunung Sion adlh nama perbukitan tempat kota Yerusalem berdiri, jauh di sebelah selatan. Ketika kerukunan umat Allah tercipta, berbagai berkat akan dialirkan hingga ke tempat-tempat yang jauh & sangat cukup bagi kehidupan. Sebuah gambaran bagaimana berkat Allah itu mengalir dengan luar biasa dgn daya jangkau yg sangat luas. *Pertama*, tidak ada area dalam kehidupan kita yg tidak dapat dijangkau oleh berkat-berkat dari Allah. *Kedua*, jangakuan keluasan berkat juga berlangsung pada keseluruhan mereka, yaitu pribadi2  yg hidupnya rukun tanpa terkecuali.

Konklusi
Jadi adalah sebuah kebajikan, jika kita  menciptakan & menjaga kerukunan antar umat Allah. Dan dapatlah dipastikan juga bahwa keistimewaan berkat tersebut dapat turun,  dikarenakan, mereka yg membawa kerukunan serta perdamaian adalah pribadi-pribadi yg berasal dari pihak Allah (anak-anak Allah), sebagaimana dinyatakan dalam Matius 5:9: _"Berbahagialah orang yg membawa damai, krn mereka akan disebut anak-anak Allah."_

Amin.

Gbu all

Ev. Sonny Cornelly, S, MTh
Ki. Juru Pangon Jiwa GKKI Epiginosko Purwokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUASA DARAH YESUS MENURUT WAHYU 1:5b

... Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya. Wahyu 1:5 b (TB) Kothbah Oleh: Ev. Sonny C...